Kapal Rumah Sakit Terapung Milik PDI Perjuangan Diberi Nama Laksamana Malahayati

Written By :

Category :

Berita, Daerah, Nasional, Pemerintah

Posted On :

Share This :

MAPS :

Nasional – Megawati Soekarnoputri meluncurkan kapal rumah sakit milik PDI Perjuangan yang diberi nama Laksamana Malahayati.

Megawati menyebutkan, pemberian nama Laksamana Malahayati untuk kapal tersebut bukanlah tanpa alasan. Laksamana Malahayati, katanya, merupakan sosok perempuan pejuang asal Aceh yang maju melawan penjajah dan tampil sebagai laksamana perang yang gagah berani.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meluncurkan Kapal Rumah Sakit (RS) Terapung. Peluncuran tersebut merupakan kejutan yang dilakukan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 partai tersebut pada Selasa (10/1/2023).

Megawati memimpin langsung peluncuran kapal RS milik PDI Perjuangan yang diberi nama Laksamana Malahayati, seorang perempuan pejuang asal Aceh.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka kapal yang akan diluncurkan ini Bernama Laksamana Malahayati,” kata Megawati pada acara tersebut.

Megawati juga menambahkan, kapal itu dilengkapi dengan peralatan medis hingga dokter jaga yang akan siap melayani kebutuhan masyarakat. Kapal tersebut, lanjut Megawati, nantinya akan berlayar di seluruh Indonesia untuk membantu rakyat.

Peluncuran kapal rumah sakit terapung ini sekaligus menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara maritim. “Ini kapal rumah sakit, jadi ada dokter dan sebagainya untuk membantu masyarakat yang berada di remote area,” sambungnya.

Megawati menyebutkan, pemberian nama Laksamana Malahayati untuk kapal tersebut bukanlah tanpa alasan.

Laksamana Malahayati, katanya, merupakan sosok perempuan pejuang asal Aceh yang maju melawan penjajah dan tampil sebagai laksamana perang yang gagah berani. Megawati menambahkan, strategi dan kemampuan perang yang dilakukan Laksamana Malahayati pun selalu ditakuti musuh “Nantinya, kapal ini akan menjadi armada andalan Baguna (Badan Penanggulangan Bencana PDI Perjuangan), yang hadir di pulau-pulau terpencil di Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Laksamana Malahayati merupakan perempuan pejuang di Bumi Serambi Mekkah pada masa Kesultanan Aceh. Darah pejuangnya memang turun dari sang ayah yang bernama Laksamana Mahmud Syah.

Bahkan, kakeknya dari garis keturunan ayah juga seorang Laksamana Muhammad Said Syah, putra dari Sultan Salahuddin Syah yang memerintah pada tahun 1530-1539. Dalam berbagai catatan sejarah, Malahayati dikenal sebagai laksamana laut perempuan pertama di Indonesia. (*)

Tonton Video PDI perjuangan Lampung : HUT PDI Perjuangan ke 50 Selesai, Ratusan Kader Kembali ke Lampung